Pages

SPEED TEST INTERNET

Rabu, 03 Oktober 2012

Tugas 1 MANJEMEN INDUSTRI



TUGAS 1
MK             :  MANAJEMEN INDUSTRI
TANGGAL   : JUM’AT, 05 OKTOBER 2012
DISUSUN OLEH :
NAMA : Rival Maulana
NIM     : 1206331
KELAS  : PTE-B




                                                                    


PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2012


TUGAS 1


1)    a. Jelaskan pengertian manajemen ?
Jawab : Menurut Marry Parker Follet
“Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain”
Menurut Richard L.Daft (2002:8) mendefinisikan sebagai berikut:
“Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.”
Menurut Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2) mengatakan bahwa :
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.”
Menurut saya pengertian secara sederhananya yaitu:
Manajemen adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
b. Sebutkan dan jelaskan tingkatan manajemen ?
Jawab : Tingkatan manajemen pada sebuah organisasi atau perusahaan terbagi menjadi manajemen secara vertikal dan menejemen secara horisontal.
 Menejemen secara vertikal terbagi menjadi tiga tingkatan manajemen, yaitu :
- Tingkat pertama, adalah manajemen puncak ( corporate/top management), dikenal dengan nama Chief Execcutive Oficcer (CEO), biasanya terdiri daribeberapa orang pimpinan. Tugas atau kewajibannya adalah membuat kebijakan-kebijakan strategis yang harus diambil untukjangka waktu yang panjang.
- Tingkat kedua, adalah manajemen menengah (business/midle manajement), disebut juga divisional manager. Tugas dan kewajibannya lebih banyak dalam pembuatan perencanaan dan pelaksanaan yang taktis, perencanaan ini merupakan hasil penjabaran dari kebijakan-kebijakan yang telah diambil dan dicanangkan oleh para manajer puncak. Perencanaan yang dibuat biasanya untuk satu hingga lima tahun mendatang.
- Tingkat ketiga adalah manajemen bawah (Fungsional/fist line manajemer), dikenal dengan nama functional manager. Tugasnya mengarahkan atau  merencanakan pekerjaan operasional berdasarkan perencanaan - perencanaan yang telah dibuat oleh para manajer tingkat di atasnya, perencanaan yang dibuatnya merupakan perencanaaan jangka pendek.
Sedangkan secara horisontal  didasarkan pada fungsi didalam organisasi tersebut, dan dibagi kebeberapa kategori :
-Administrasi
Divisi yang bertugas dan bertanggng jawab atas pembuatan, pengarsipan serta ekspedisi surat menyurat dari dan untuk organisasi/perusahaan.
-Akuntan
Divisis akunting bertugas mencatatat seluruh kegiatan transaksi keuangan, baik pemasukan atau pengeluaran oleh organisasi atau perusahaan. Kemudian secara berkala, minimal satu taun sekali dilakukan tutup buku dan membuata lapoaran neraca laba-rugi.
-Keuangan
Divisi keuangan bertugas mengelola dan mengalokasikan dana organisasi/perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan dana pada semua bagian yang menjadi anggota organisasi/perusahaan.
-Personalia
Divisi ini bertanggang jawab atas pengelolaan sumber daa manusia termasuk pengadaan atau pemeliharaannya, anatara lain mengirimkan SDMnya untuk ditraining, promosi karier sampai penilaian prestasinya.
-Produksi
Divisi ini bertanggungjawab untuk perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian produksi dengan cara mengolah mataeri/bahan bakumenjadi produk/jasa yang memiliki nilai tambah bagi organisasi/perusahaan.
-Litbang
Divisi ini bertanggungjawab atas riset pasar, pengembangan produk/jasa bar, menganalisa pesaing untuk mengantisispasi kebutuhan pasar.
1.    Gambarkan skema unsur-unsur manajenen  organisasi!
Jawab :

     . Sebutkan beberapa model manajemen yang dikenal dan jelaskan secara singkat?
      Jawab : - Menejemen ilmiah adalah menejemen yang bersifat logis dan sstematis, dimana manusia/karyawan ditempatkan menjadi objek yang tidakboleh melekukan sebuah kesalahan. syarat-syarat menejemen ilmiah, yaitu formulasi masalah, kumpulan informas dan susunan model ang dibutuhkan,merumuskan masalah,menguji masalah dan memecahkan masalah.
      - Manajemen dengan pendekatan manusia adalah sebuah manajemen yang lebih menitik beratkan pada pendekatan dengan cara memberi perhatian kepada  para karyawan / secara psikologis untuk meninkatkan produktifitasnya.
      - Manajemen kuantitatif adalah manajemen yang segala sesuatunya harus bisa dibuat model matematisnya, dan hasilnyapun harus sesuai dengan model yang telah dibuat.
      - Manajemen dengan pendekatan sistem adalah manajemen hampir mirip dengan manajemen ilmiah dan merupakan manajemen yang bersifat kaku.
      - Manajemen kontingensi adalah gabungan dari beberapa model manajemen dan merupakan menejemen yang paling lengkap.
4.   Sebutkan factor-faktor lingkungan industri kecil dan jelaskan secara singkat!
Jawab :  - Faktor lingkngan masyarakat (eksternal)
1.    Persaingan, secara persaingan industry kecil bisa bertahan didunia persaingan, jika bisa terus berinovasi di industrinya dalam berbagai hal dan juga bisa menjadi patner kerja/sub kontraktor dari perusahaan besar.

2.    Kondisi ekonomi dan tingkah laku konsumen, dalam hal ini industri kecil akan bisa bertahan dan lebih mudah merubah/mengganti produk/jasanya sesuai dengan kemampuan ekonomi dan selera konsumen.


3.    Perkembangan industry (perusahaan besar), dengan berkembangnya perusahaan-perusahaan besar, industry kecil bisa mendapat keuntungan dengan cara bekerja sama, atau menjadi sub kontraktor untuk perusahaan besar.

4.    Perkembanga teknologi, dengan hal ini industry kecil makn sulit bersaing karna produk/jasa perusahaan besar bisa lebih murah dan efisien, tapi disamping itu industry kecil juga bisa lebih cepat merubah/mengganti produk/jasanya ketika konsumen mulai jenuh, sedangkan hal ini susah dilakukan o;eh perusahaan besar.


5.    Kebijakan pemerintah umumnya bersifat ganda, yaitu bisa mendorong usaha kecil bahkan juga mematikannya. Contohnya seperti memberikan pelatihan-pelatihan, membatasi jumlah industri yang produknya sejenis.
-Lingkunan tugas (internal)
1.    Permodalan, pada umumnya menggunakan modal sendiri dan kecil, karna itu ruang gerak dari perusahaanpun sangat terbatas sekali.

2.    Produksi, dengan model yang terbatas pembelian alat dan bahan aku akan sedikit, secara otomatis produk yang dihasilkanpun  jumlanya akan terbatas .


3.    Pemasaran, dikarenakan jumlah yang diproduksi sedikit otomatis wilayah pemasarannya terbatas, biaya yang digunakan untuk memproduksi suatu benda akan lebih mahal dari pada yang diproduksi diperusahaan besar, dan sering kehilangan kesempatan karena tidak bisa memenuhi kebutuhan pasar.

4.    Tenaga kerja, biasanya menggunakan tenaga kerja  yang tidak terlalu berkompeten dibidangya dan biasanya direkrut dari keluarga, oleh sebab itu regenerasinya kadang-kadang tidak siap untuk memegang perusahaan tersebut karna kurang tahu tentang seluk-beluk perusahaanya itu.


5.    Manajemen, biasanya hal ini yang sering menjadi masalah, karna menejemennya bersifat kekeluargaan terkadang aturan-aturan yang ada dalam sebuah manajemen tidak diterapkan dan akhirnya sangat berpengaruh sekali terhadap kelangsungan industry kecil tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

ʼ